Friday, November 23, 2018

Kenapa Pilih Teknik Elektro?

Mungkin kalian udah ga asing lagi dengan program studi yang satu ini. Mungkin kalian bertanya kenapa dari puluhan prograam studi yang ada di Indonesia tetapi saya memilih Teknik Elektro?


Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi. 

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari energi listrik, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Lagipula listrik adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan Teknik Elektro menjadi semakin relevan. Dengan beberapa konsentrasi yang ada di program studi ini kamu bahkan nggak hanya akan belajar tentang instalasi listrik aja, tapi juga mengenai IT dan bahkan robotik.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jurusan teknik elektro juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektro pun bisa dibilang cukup mumpuni seperti: teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik. Untuk industrinya sendiri, seorang lulusan Teknik Elektro dapat masuk ke dalam hampir semua industri seperti telekomunikasi, manufaktur, IT, pembangkit listrik, hingga perminyakan dan pertambangan.

No comments:

Post a Comment